PELATIHAN TATA KELOLA DESTINASI PARIWISATA DI KABUPATEN BULELENG TAHUN 2019

24 Mei 2019 12:22:52 WITA

Pengulon, 21 Mei 2019 Kasi Kesejahteraan, Staf Webside dan 4 Orang Anggota Kelompok Pokdarwis Desa Pengulon menghadiri Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak " Hotel Adi Assri Beach Resort dan Spa " yang di selenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng dengan jumlah peserta sebanyak 40 Peserta di Kecamatn Gerokgak.

Pelatiahan ini akan di selenggarakan Selama 3 Hari dari Tanggal 21 sampai dengan 23 Mei 2019 dengan Narasumber dari Sekolah Tinggi Pariwisata ( STP ) Nusa Dua Bali, Undiksa, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, PHRI, dan BPPD Kabupaten Buleleng. 

Dalam acara Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata di hadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Ir. Nyoman Sutrisna, MM yang didampingi oleh Kabid Sumber Daya Pariwisata ( SDP ), Ketut Sensus, S.Sos beserta Kasi dan Staf Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Bapak Camat Gerokgak yang di wakili oleh Bapak Kepala Seksi Pembangunan (Drs. Putu Arsana), 6 Kelompk Pokdarwis yang ada di Kecamatan Gerokgak dan Stakeholder pengelola destinasi pariwisata Kecamatan Gerokgak.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pariwisata menyampaikan bahwa pelatihan ini bersumber DAK bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) pariwisata yang ada di Kecamatta Gerokgak yaitu Desa Pengulon, Musi, Pemuteran, Sumberkima, Pejarakan dan Sumberkelampok. 

Maksud pelatihan ini adalah sebagai upaya pemerintah Buleleng untuk meningkatkan daya saing SDM dalam mengelola destinasi Kecamatan Gerokgak dan juga meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Kecamatan Gerokgak. 

Kadispar menyampaikan dengan pelatihan ini semoga partisipasi seluruh masyarakat di Kecamatan Gerokgak dapat meningkatkan pendapatan daerah serta mampu memberikan pelayanan yang maksimal. POAC : Planning, Organizing, Actuating, and Controlling. 

Manajemen Organisasi Planning meliputi pengaturan tujuan dan mencari cara bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. 

Planning sangat penting karena banyak berperan dalam menggerakan fungsi manajemen yang lain. Berikut Materi-Materi yang di berikan oleh Narasumber dari Sekolah Tinggi Pariwisata ( STP ) Nusa Dua Bali, Undiksa, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, PHRI, dan BPPD Kabupaten Buleleng :

Hari Pertama Pelatihan Tanggal 21 Mei 2019 yang di berikan materi tentang  Konsep Pengelolaan Destinasi Pariwisata oleh Bapak Dr. I Wayan Mertha, SE, M,Si dari Kepala Puslitabmasstp Nusa Dua Bali, Materi tentang Wisata, Pariwisata, Kepariwisataan oleh Bapak Ida Bagus Gede Agung Widana ( Bagus ) dari Sekolah Sekolah Tinggi Pariwisata ( STP ) Nusa Dua Bali dan Materi Tentang CBT ( Community Based Tourism ) Sebagai Model Alternatif Pengembangan Kepariwisataan Berkelanjutan di Kabupaten Buleleng oleh Bapak I Putu Gede Parma dari Undiksha. 

Hari Kedua Pelatihan Tanggal 22 Mei  2019 yang di mulai pada Pukul 09.00 Wita dengan Materi tentang Penyusunan paket wisata budaya bagi sadar wisata di kecamatan Gerokgak oleh ibuk Ni Made Ary Widiastini, Analisa Pemangku Kepentingan Dalam Pengelolaan Destinasi Pariwisata oleh Ibuk Putu Indah Rahmawati, SST.Par.,M.Bus.,Ph.D dan Materi tentang Cara Pengelolaan Sampah oleh Bapak Achmadi Dari Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kabupaten Buleleng.

Hari Ketiga Pelatihan Tanggal 23 Mei 2019 ( Hari Terakhir ) Pukul 09.00 Wita yaitu Terjun Kelapangan meninjau Wisata yang ada di Desa Pejarakan (  Wisata Yeh Panas dan Wisata Pasir Putih ). Dan di lanjutkan dengan acara penutupan PELATIHAN TATA KELOLA DESTINASI PARIWISATA DI KABUPATEN BULELENG TAHUN 2019.

Komentar atas PELATIHAN TATA KELOLA DESTINASI PARIWISATA DI KABUPATEN BULELENG TAHUN 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Cuaca

booked.net

Lagu

JAM

Lokasi Pengulon

tampilkan dalam peta lebih besar