Mejaya jaya Kelian Desa Adat dan Prajuru Desa Adat Pengulon

16 Maret 2021 08:08:26 WITA

Pengulon, 13 Maret 2021 Desa Adat Pengulon, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng menggelar upacara mejaya-jaya Kelian Desa Adat dan Prajuru Desa Adat Pengulon masa bakti 2021-2026, yang langsung dihadiri oleh Perbekel pengulon ( Drs. I Nyoman Juliana ) beserta Staf Pemdes Pengulon, bertempat Pura Desa Pengulon. Upacara mejaya-jaya dilaksanakan di Pura Desa. Pelaksanaan upacara mejaya-jaya berdasarkan hasil paruman desa adat Pengulon. Upacara pejaya-jaya ini merupakan dresta atau tradisi serta awig- awig yang ada di Desa Adat Pengulon setiap ada prajuru desa adat baru. 

Ketua Panitia Musyawarah Pemilihan mengatakan, upacara mejaya-jaya prajuru desa adat ini dilakukan dengan tujuan memohon restu kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, sebelum bandesa adat dan prajuru adat melaksanakan tugasnya. Mejaya-jaya adalah prosesi upacara secara niskala dalam bentuk pelaksanaan ritual agama yang disesuaikan dengan dresta masing-masing desa adat. ‘Mejaya-jaya prajuru desa adat ini merupakan proses niskala yang dilakukan berdasarkan adat dan dresta serta awig- awig Desa Adat Pengulon dari dahulu,” jelasnya. Upacara mejaya jaya masih menggunakan Prokes Covid-19.

Terkait dengan SK Prajuru Desa adat Pengulon bahwa penyerahan SK Prajuru desa adat akan dilakukan dalam acara pengukuhan oleh Mejelis Desa Adat (MDA). Dalam prosesi mejaya-jaya ini tidak ada penyerahan SK Prajuru desa adat dari MDA, sehingga upacara mejaya-jaya ini tidak dilakukan bersamaan dengan upacara pengukuhan. “Acara pengukuhan prajuru desa adat Pengulon nanti akan dilaksanakan terpisah, setelah upacara mejaya-jaya dan kami akan jadwalkan hari baiknya lagi untuk pengukuhan,” katanya.

Acara pengukuhan merupakan prosesi sekala yang prosesnya ditentukan oleh pedoman Ngadegang Bandesa dari MDA Provinsi Bali. Sehingga antara pengukuhan dan pejaya-jayaan tersebut adalah dua hal yang berbeda, yakni secara administratif dan secara dresta. Sehingga tidak ada ketentuan wajib keduanya harus dilakukan bersamaan. 

Komentar atas Mejaya jaya Kelian Desa Adat dan Prajuru Desa Adat Pengulon

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Cuaca

booked.net

Lagu

JAM

Lokasi Pengulon

tampilkan dalam peta lebih besar