Sejarah Desa

31 Januari 2017 19:18:39 WITA

Sejarah Desa Pengulon

Berdirinya Desa Pengulon secara pasti tidak diketahui tetapi menurut cerita para sespuh yang ada di Desa Pengulon menyatakan bahwa Desa Pengulon awalnya pemisahan dari Desa Tinga-tinga. Dan menurut penuturan dari para sesepuh Desa pengulon dan Desa Tinga-tinga sebagi berikut :

Ada seorang Maha Rsi bernama Rsi Dang Hyang Nirarta beliau dari Ponjok Batu perjalanannya menaiki perahu kecil kemudian di tengan perjalanan terlihatlah hutan bakau ditengah laut yang sangat indah di kelilingi air laut. Pada waktu itu berpikir sejenak untuk beristirahat sebab daerah disana indah dilihat dan tanahnya sangat rata atau datar pada saat itu beliau mendayung perahunya kepesisir sesudah sampai di pesisir lalu perahunya diikat. Setelah itu beliau turun dari perahunya dan dilihat pula ada pasir yang berwarna sangat putih. Lalu beliau besemedi dan mensucikan tirta. Sesudah beliau mensucikan  tirta beliau akan berjalan ke barat. Setelah Itu tirtanya ditempatkan di sujang atau bambu atau tiing dan ditaruh ditempat bersemedi, lalu beliau bersiap-siap akan melanjutkan perjalanan. Sesampianya diperahu tempat untuk mengukat perahu tersebut diberinama pelabuhan Wang Bang. Tirta yang diwadahi tiing atau sujang lalu ditancapkan ke tanah di lokasi itu diberinama  Desa Tinga-tinga. Beliu kemudian melanjutkanperjalanan yang dipakai patokan Beliau Pernah disana singgah

adalah gunung yang tinggi dipaki penghulu lalu tempat tersebut diberinama Pengulon. Sebelum tahun 1973 Desa Tinga-tinga dibagi menjadi Tiga Banjar yaitu Banjar Juntal., Banjar Bubunan dan Banjar Pengulon. Pada tahun 1973 Banjar Pengulon memisahkan diri dari Desa Ting-tinga supaya terlepas dari ikatan awig- awig Desa Adat dan aturan administrasi Desa Tinga-tinga. Dan secara langsung menjadi Desa Pengulon.

Adapun orang- orang yang pernah memimpin Desa pengulon sejak berpisah dari Desa Tinga-tinga antara lain    :

 

  1. Ketut Dalem (alm) Perbekel Desa Pengulon dari Tahun 1973 sampai 1981
  2. I Ketut Sudama S. Kepala Desa Pengulon dari tahun      1981 sampai 1990
  3. Gusti Ketut Nuaba Kepala Desa Pengulon dari Tahun 1990   sampai 1998
  4. Drs.I Nyoman Juliana Kepala Desa Pengulon dari tahun    1998   sampai 2005
  5. Wayan Widiana Pjs. Perbekel Pengulon dari tahun     2005sampai 2007
  6. Putu Interen            Perbekel Pengulon dari tahun               2007 sampai tahun 2013
  7. Drs I Nyoman Juliana Perbekel Pengulon dari tahun 2013 sampai dengan sekarang.

     Demikian sejarah singkat dan sederhana yang dapat kami paparkan riwayat / sejarah Desa pengulon. 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Cuaca

booked.net

Lagu

JAM

Lokasi Pengulon

tampilkan dalam peta lebih besar