Sosialisasi Pengelolaan Bank Sampah Oleh DLH ( Dinas Lingkungan Hidup ) Sekaligus Launching Bank Sam

04 Maret 2019 14:59:44 WITA

Pengulon, 04 Maret 2019 Sosialisasi Pengelolaan Bank Sampah Oleh DLH ( Dinas Lingkungan Hidup ) Sekaligus Launching Bank Sampah Pelita, Yang bertempat di Kantor Perbekel Pengulon.
 
Materi Sosialisasi dan Launching Bank Sampah Desa Pengulon ini dinamakan Bank Sampah PELITA yang artinya Peduli Lingkungan Kita langsung di berikan dan di sampaikan oleh Kabid PSL,B3,DLH Kabupaten Buleleng ( I DEWA ARMIKA ).
 
"Kenapa Di diadakan? Karena untuk menciptakan keindahan di lingkungan Desa Pengulon dengan indahnya di lingkungan sekolah maka penghuninya bisa merasa nyaman dan betah.
 
Launching  diharapkan dapat memberikan stimulan penyadaran kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungannya sendiri, karena persoalan sampah saat ini sudah menjadi problem di masing-masing Desa. Sehingga setiap wilayah perlu segera melakukan penanganan sampah dengan efektif dan berwawasan lingkungan.
 
Dalam sambutannya Perbekel Pengulon ( Drs. I NYOMAN JULIANA )mengatakan bahwa sampah merupakan masalah lingkungan yang utama di Desa Pengulon. Bila pengelolaan sampah dilakukan dengan cara yang benar, sampah bukan lagi masalah tapi menjadi berkah buat masyarakat.
 
Dalam Launching kali ini juga dilakukan Sosialisasi dan pelatihan pengelolaan sampah   yang diadakan oleh Pemerintah Desa Pengulon yang dihadiri Kabid PSL,B3,DLH Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Kelian Desa Pakraman/Prajuru, Tamir Masjid, Tokoh Agama, Ketua Pecalang, Ketua RT, Ketua BPD, Ketua Karang Taruna dan Anggota, Ketua Rismuna Desa Pengulon, Bhabinsa Desa Pengulon, Bhabinkamtibmas Desa Pengulon.
 
Bank sampah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Pemilahan sampah dilakukan berdasarkan jenisnya yaitu sampah organik meliputi sampah sisa-sisa makanan, daun dan lain-lain sedangkan sampah anorganik meliputi logam, plastik, kaleng, kaca dan lain-lain, namun Pramuli hanya menerima sampah anorganik saja karena dapat diolah kembali menjadi barang yang dapat dijual kembali.
 
 
Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah.
 
 
Tujuan diadakan program Bank Sampah untuk membantu menangani pengolahan sampah di Desa Pengulon, selain itu untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis. 
 
Bank Sampah PELITA Desa Pengulon, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Bulelemh diharapkan mampu mengajarkan masyarakat yang menjadi nasabahnya untuk memilah sampah yang ada di rumah masing-masing, menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah anorganik ditabung ke bank sampah. Oleh bank sampah dicatat dan dimasukan ke Buku Tabungan masing-masing nasabah.
 
Penerapan sistem Bank Sampah  adalah upaya untuk membenahi dan memperbaiki sistem pengelolaan sampah yang dilakukan bersama warga.
 
PENGURUS BANK SAMAPAH " PELITA " ( Peduli Lingkungan Kita )  DESA PENGULON, KECAMATAN GEROKGAK, KABUPATEN BULELENG, BALI
 
1. Komisaris : Perbekel Pengulon dan Kelian Desa Pakraman Pengulon.
2. Direktur Utama : I MADE PASTIKA YASA
3. Direktur Keuangan/Bendahara : MADE AGUS KARIASA
4. Direktur Umum/Sekretaris : WAYAN MERTA
5. Petugas Pencatat : MADE MARIANI
6. Petugas Pemilah : MADE MANGKU
7. Petugas Penimbang : MADE DARMIKA
8. Petugas Operasional : IRFAN SYAHRONI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar atas Sosialisasi Pengelolaan Bank Sampah Oleh DLH ( Dinas Lingkungan Hidup ) Sekaligus Launching Bank Sam

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Cuaca

booked.net

Lagu

JAM

Lokasi Pengulon

tampilkan dalam peta lebih besar