Kunjungan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng ke Desa Pengulon

admin 07 Juli 2021 08:58:16 WITA

Dengan hadirnya perpustakaan, diharapkan mampu memberikan akses kepada masyarakat melalui berkegiatan di perpustakaan guna menumbuhkan kecintaan terhadap dunia literasi.

Pengulon - 06 Juli 2021 Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng Bapak Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si., didampingi Kepala Seksi Sosial ( Bapak I Made Suardana ) bersama Perbekel Pengulon ( Drs. I Nyoman Juliana ), Sekretaris Desa ( Nyoman Darmada ), Kepala Perpustakaan Ganesha Pengulon ( I Putu Endra Sujayadi ) monitoring persiapan Lomba Perpustakaan Ganesha Pengulon dalam lomba Tingkat Provinsi Bali Tahun 2021. Lomba yang akan di selenggarakan pada tanggal 22 Juli 2021. Saat ini Perpustakaan Ganesha Pengulon masuk peringkat 6 besar pada penilaian awal ( Tingkat Kabupaten Buleleng ).

Dalam kunjungannya Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si ke Perpustakaan Ganesha Pengulon mengkoordinir tim pembina perpustakaan desa DAPD Kabupaten Buleleng, mengharapkan agar penyelenggaraan perpustakaan ganesha di Desa Pengulon dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga masyarakat merasakan manfaat dari adanya perpustakaan desa dan kemajuan terknologi dengan sarana prasarana komputer yang telah tersedia di perpustakaan, agar dapat di gunakan sebagai upaya pengembangan e- library, hal tersebut dikarenakan perpustakaan harus mampu menghadirkan layanan inklusi sosial kepada masyarakat, sehingga melalui adanya akses internet di perpustakaan, masyarakat mampu mengembangkan inovasi dengan arah pemanfaatan digital. 

Perbekel Pengulon Drs. I Nyoman Juliana menjelaskan, pihaknya telah mengupayakan kerjasama antar perpustakaan desa yang ada di Kecamatan Gerokgak, sehingga dengan adanya kerjasama dalam hal pengembangan koleksi maupun inovasi layanan, dirinya berharap perpustakaan desa pengulon semakin diminati oleh masyarakat dan dan semoga pada penilaian yang kedua yakni, penilaian lapangan dan persentase mampu mempertahankan peringkat I, Semoga Perpustakaan Pengulon bisa memenuhi kriteria lomba.

Kabid Pengolahan Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Ida Bagus Ketut Baruna Setiawan mengatakan, disamping perlu adanya peningkatan pengembangan perpustakaan berbasis digital, ia mengharapkan agar perpustakaan ganesha juga menyediakan pojok baca diluar gedung perpustakaan, sehingga menambah kesan menarik untuk dikunjungi masyarakat. 

Terkahir, pustakawan Luh Sukarniti, S.Sos memberikan pengarahan kepada kepala perpustakaan Putu Endra Sujayadi untuk memaksimalkan petugas pengelola dalam hal penataan ruangan perpustakaan serta koleksi, agar sesuai dengan standar penyelenggaraan perpustakaan sehingga proses layanan perpustakaan terhadap masyarakat dapat terlaksana dengan baik. 

 

Info : https://dap.bulelengkab.go.id/informasi/detail/berita/42-dapd-dampingi-desa-pengulon-giatkan-budaya-literasi-masyarakat

Komentar atas Kunjungan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng ke Desa Pengulon

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Cuaca

booked.net

Lagu

JAM

Lokasi Pengulon

tampilkan dalam peta lebih besar