Pelatihan Kader Posyandu, Balita, Lansia dan Bumil di Desa Pengulon

21 Juli 2023 08:34:42 WITA

Pengulon - 20 Juli 2023 Posyandu merupakan salah satu tempat bagi ibu dan balita untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, serta untuk memantau  pertumbuhan dan perkembangan  balita,sekaligus memberi imunisasi dan peningkatan gizi,serta penyuluhan dan konseling kepada segenap lapisan masyarakat yang ada di Desa.

Pada hari ini Pemerintah Desa Pengulon melaksanakan  Pembinaan Kader Posyandu, Balita, Bumil acara yang bertempat di Ruang Kantor Perbekel Pengulon. Rapat yang di bukak secara langsun oleh Sekretaris Desa dan di lanjutkan pemaparan materi oleh Dinas PMD Kab. Buleleng bagian PK2M.

Melalui Pembinaan dan Pelatihan Kader Posyandu, Lansia, Balita dan Bumil diharapkan para Kader  yang mengikuti pembinaan dan pelatihan, dapat menjadi fasilitator dan dinamistor berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan,serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat Posyandu-nya masing-masing. 

Kegiatan pembinaan kader posyandu meliputi pembinaan posyandu balita, pembinaan administrasi, pemeriksaan rutin balita dan penyuluhan. Para kader kesehatan membutuhkan pembinaan atau pelatihan dalam rangka menghadapi tugas-tugas mereka dan masalah yang dihadapi mereka. Hal ini penting dilaksanakan untuk mengingatkan masyarakat agar senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Melalui kegiatan pembinaan kader posyandu ini diharapkan peran Posyandu sebagai ujung tombak pemantauan status gizi di masyarakat dapat lebih optimal.

Disetiap Posyandu juga memiliki alat kesehatan seperti timbangan bayi,timbangan badan digital,dan alat ukur tinggi badan sesuai standar kebutuhan Posyandu.

Ada pun kegiatan pengembangan yang dilaksanakan meliputi Pengadaan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) rutin sesuai dengan acuan gizi yang telah ditetapkan oleh PKK.dijelaskan pula upaya peningkatan mutu dan kualitas pelayanan di Posyandu bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah dan kader Posyandu, tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab bersama semua pihak, yakni pemerintah dan seluruh lapisan warga masyarakat.

Tujuan program pembinaan Posyandu adalah untuk menekan angka kematian bayi dan anak balita, penurunan angka kelahiran, Stunting, penerimaan NKKBS (Norma Kelurga Kecil Bahagia Sejahtera) serta peningkatan kemampuan untuk mengembangkan kegiatan  yang berkenan dengan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Komentar atas Pelatihan Kader Posyandu, Balita, Lansia dan Bumil di Desa Pengulon

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Cuaca

booked.net

Lagu

JAM

Lokasi Pengulon

tampilkan dalam peta lebih besar