Senam Lansia Desa Pengulon

admin 26 Agustus 2019 09:51:54 WITA

Senam lansia adalah salah satu latihan fisik yang dapat membakar kalori dan melatih otot jantung. Meski namanya senam lansia, olahraga yang satu ini ternyata juga sesuai untuk usia berapa pun dan tingkat kebugaran apa pun. 

Untuk meningkatkan kebugaran tubuh/menjaga kesehatan Lansia Pemerintah Desa Pengulon mempunyai Program Senam Lansia, Program ini akan Setiap Tahun di Anggarkan. Yang di latih oleh Kader-Kader Desa Pengulon. Setelah selesai latihan langsung di berikan susu provit dan energen kepada Lansia.

Senam Lansia ini di laksanakan setiap 1 minggu sekali ( Setiap Hari Minggu ) yang bertempat di Tiap-Tipa Dusun yang ada di Desa Pengulon. Desa Pengulon mempunyai 3 Dusun yang Pertama Dusun Bukit Sari, Kedua Dusun Munduk Sari, Ketiga Dusun Tegallantang.

A. Jenis-Jenis Senam Lansia yang di laksanakan setiap Minggu di Desa Pengulon.

1. Senam Kebugaran Lansia

2. Senam Otak

3. Senam osteoporosis

4. Senam hipertensi

5. Senam Diabetes Mullitus

6. Olahraga Rekreatif/Jalan Santai

B. Prinsif Senam Lansia

1. Gerakannya bersifat dinamis (berubah-ubah) 

2. Bersifat progresif (bertahap meningkat 

3. Adanya pemanasan dan pendinginan pada setiap latihan 

4. Lama latihan berlangsung 15-60 menit 

5. Frekuensi latihan perminggu minimal 3 kali dan optimal 5 kali.

C. Manfaat Senam Lansia 

Sebelum mengawali senam sebaiknya tarik nafas selama 3 sampai 5 kali, setelah itu letakkan kedua tangan di pinggang,lalu buka kedua kaki sekitar 30cm kemudian senam dapat di mulai.

 

1.Gerakan Muka(fungsi nya untuk mengencangkan kulit muka agar tidak kaku), yang terdiri dari dua gerakan :  Pertama ucapkan a,i,u,e,o sebanyak 5 kali, Kedua ucapkan ha-ha, hi-hi sebanyak 5 kali. 

2. Gerakan kepala( fungsinya untuk meregangkan otot-otot kepala agar paredaran darah yang melewati kepala dapat beredar secara lancar). 

3. Anggukkan kepala keatas-bawah dalam hitungan 1 sampai 8 dilakukan sebanyak 5 kali, setelah itu anggukkan kekiri-kanan dalam hitungan 1 sampai 8 dilakukan sebanyak 5 kali.

 

4. Gerakan Tangan : Pertama gerakan jari tangan membuka dan menutup hitungan dari 1 sampai 8 mulai dari dilakukan sebanyak 5 kali,( gerakan ini fungsinya untuk mengurangi kekakuan pada telapak tangan dan jari-jari tangan. Kedua gerakan tepuk tangan dengan salah satu jari menekuk mulai dari hitungan  1 sampai 8 sebanyak 5 kali, gerakan ini fungsinya untuk mengurangi resiko Diabetus Melitus(DM) atau sering di sebut penyakit.

 

Ketiga gerakan menyatukan kedua telapak tangan dengan cara tepuk tangan dan posisi tangan sejajar dengan dadamulai dari  hitungan 1 sampai 8 dilakukan sebanyak 5 kali, gerakan ini fungsinya untuk memperlancar kerja jantung dan mengurangi penyakit jantung

 

Keempat dengan merentang kedua tangan ke samping kanan dan kiri lalu memutar pergelangan tangan mulai dari hitungan 1 sampai 8 sebanyak 5 kali,gerakan ini dilakukan untuk mengurangi beban kerja jantung dan juga mengurangi kekakuan pada otot-otot dari pundak sampai jari tangan.

 

Kelima masih merentangkan kedua tangan ke samping kanan dan kiri, dengan tangan mengepal(menggenggam) lalu menggerakkan kepalan (genggaman) naik turun mulai dari hitungan 1 sampai 8 dilakukan sebanyak 5 kali, gerakan ini fungsinya untuk mengoptimalkan karja jantung dan juga mengurangi kekakuan otot pada tangan dan pergelangan tangan

 

Gerakan Kaki, dilakukan untuk mengurangi kejadian asam urat dan memperlancar peredaran darah dari jantung keseluruh tubuh

 

Dalam posisi berdiri dilakukan gerakan jinjit-jinjit secara bergantian kaki kanan dan kiri mulai dari hitungan 1 sampai 8 sebanyak 5 kali.

 

Dalam posisi duduk dengan luruskan kaki dengan mengayunkan telapak kaki mulai dari hitungan 1 sampai 8 dilakukan sebanyak 5 kali.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar atas Senam Lansia Desa Pengulon

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Cuaca

booked.net

Lagu

JAM

Lokasi Pengulon

tampilkan dalam peta lebih besar