PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING DI KABUPATEN BULELENG

admin 25 November 2021 08:43:31 WITA

Bappeda Buleleng sesuai dengan fungsinya sebagai koordinator menggelar rapat koordinasi (Rakor) percepatan penurunan stunting di Kabupaten Buleleng Tahun 2021. Untuk menghindari kerumunan karena masih dalam kondisi pandemi Covid 19, maka rakor ini dilaksanakan dalam tiga sesi. Sesi pertama yaitu untuk wilayah barat (Kecamatan Seririt, Kecamatan Busungbiu, dan Kecamatan Gerokgak) yang digelar Rabu pagi (24/11/2021) bertempat di Wantilan Desa Tangguwisia.
Tema yang diangkat dalam Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Buleleng Tahun 2021 ini adalah “OPTIMALISASI PERAN KADER PEMBANGUNAN MANUSIA (KPM) DALAM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING DI KABUPATEN BULELENG”.
Pelaksanaan rakor ini menghadirkan SKPD lingkup Kabupaten Buleleng yang terkait langsung dengan program/kegiatan pencegahan dan penurunan stunting, Kecamatan (camat dan tim penggerak PKK tingkat kecamatan), Puskesmas, Desa/kelurahan (perbekel/lurah dan kader pembangunan manusia), Untuk narasumber/Pembahas dalam kegiatan ini menghadirkan unsur dari Bappeda dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng.
Diawal pembukaan rakor percepatan penurunan stunting Kabupaten Buleleng tahun 2021 ini, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Buleleng, Putu Arimbawa selaku ketua penyelenggara melaporkan bahwa kegiatan rakor ini mempunyai tujuan agar meningkatnya dukungan desa/kelurahan terhadap Kader Pembangunan Manusia dalam upaya percepatan penurunan stunting di desa/kelurahan; dan optimalnya peran Kader Pembangunan Manusia dalam memfasilitasi konvergensi pencegahan stunting di desa/kelurahan utamanya melalui pemantauan sasaran rumah tangga 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), disampaikan juga bahwa hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah menurunnya angka prevalensi stunting di Kabupaten Buleleng melalui peningkatan dukungan desa/kelurahan serta peningkatan peran Kader Pembangunan Manusia (KPM).
Sementara itu dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Buleleng Gede Gunawan AP, yang dalam kesempatan ini diwakilkan dan dibacakan oleh Sekretaris Nengah Budiarta mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang sudah berkenan hadir dalam rapat koordinasi ini.
Ucapan terima kasih juga ditujukan khusus kepada Bapak Camat Seririt dan Perbekel Desa Tangguwisia atas izin penggunaan gedung ini sebagai tempat pelaksanaan rakor ,serta berharap pelaksanaan rapat koordinasi ini dapat menghasilkan suatu gerakan yang terkoordinasi, terintegrasi, konvergen, dan simultan dalam upaya mempercepat penurunan stunting di Buleleng.
Melalui tema “Optimalisasi Peran Kader Pembangunan Manusia dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Buleleng”, kami juga berharap kedepannya Kader Pembangunan Manusia dapat berperan lebih banyak lagi terutama dalam memfasilitasi konvergensi pencegahan stunting di desa/kelurahan utamanya melalui pemantauan sasaran rumahtangga pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Dengan dukungan dari pemerintah daerah, kecamatan, pemerintahan desa, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya, kami yakin harapan tersebut akan menjadi kenyataan.

 Sumber : Bapedda Kab. Buleleng

Komentar atas PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING DI KABUPATEN BULELENG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Cuaca

booked.net

Lagu

JAM

Lokasi Pengulon

tampilkan dalam peta lebih besar