PELATIHAN TEKNIS TATA KELOLA DATA DALAM SID BERDAYA DESA SE-KEC. GEROKGAK

21 Maret 2024 08:44:34 WITA

Pengulon – 20 Maret 2024 Kasi Pemerintah bersama Operator Desa menghadiri undangan rapat di Ruang Rapat Kantor Camat Gerokgak dengan agenda rapat tentang Pelatihan Teknis Tata Kelola dalam Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya untuk 129 Desa di Kabupaten Buleleng. Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah peserta dari 28 Desa se Kecamatan Gerokgak

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng (Perwakilan), dengan narasumber langsung dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan dari Tim Combine Resource Institution (CRI).

Dalam pembahasan pertama dibawakan oleh BPS Kabupaten Buleleng yang dalam materinya membahas tentang Desa Cantik. Desa cantik merupakan desa cinta statistik yang mana desa tidak lagi mejadi objek pembangunan melainkan menjadi subyek ujung tombak pembangunan di Desa.

Adapun tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dari pemerintahan desa dan masyarakat desa terhadap statistik yang mana tujuan BPS sejalan dengan tujuan SID Berdaya untuk membangun agen-agen statistiuk di level desa. Jika data sudah berkualitas maka pembangunan yang ada di desa akan tepat sasaran. Perbedaan data dengan statistik, data merupakan info dari individu yang dicatat dan di observasi dan statistik merupakan hasil dari pengolahan data yang dapat memberikan informasi yang dapat disimpulkan/ringkasat dari data dimaksud. 

Pembahasan kedua dibawakan oleh Tim CRI tentang SID Berdaya. Sistem Informasi Desa (SID) merupakan Aplikasi dengan bagian dari prakarsa pengembangan seperangkat alat dan proses pemanfaatan data dan informasi untuk mendukung pengelolaan sumberdaya berbasis komunitas di tingkat desa. Prakarsa ini dikelola oleh lembaga swadaya masyarakat Yayasan Combine Resource Institution (CRI) bersama jejaring organisasi mitra, komunitas, dan lembaga pemerintahan lintas sektor dan lintas daerah.

Tujuan SID Berdaya ini adalah untuk menciptakan satu data Indonesia yaitu untuk melaksanakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, menciptakan data di desa dan kuasa atas data desa tersebut. Dalam pembahasan ini 28 Desa se Kecamatan Gerokgak diajarkan dengan praktek langsung dalam menjalankan aplikasi dimaksud dari penginputan data kependudukan di desa sampai pembelajaran menu yang lainnya. Kemudian dilaksanakan juga praktek dengan mencari contoh peserta sebagai praktek langsung di depan sebagai pemahaman pelaksanaan teknis yang sudah disampaikan oleh nara sumber. 

Komentar atas PELATIHAN TEKNIS TATA KELOLA DATA DALAM SID BERDAYA DESA SE-KEC. GEROKGAK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Cuaca

booked.net

Lagu

JAM

Lokasi Pengulon

tampilkan dalam peta lebih besar