Karang Rata Beach Pengulon

17 November 2023 08:46:05 WITA

The Quitest Beach in Pengulon

Karang Rata Beach

Pantai Karang Rata merupakan salah satu pantai yang ada di Desa Pengulon tepatnya berada di Jl. Karang Rata. Nama pantai ini diambil dari tipologi pantai yang memang datar atau rata, maka dari itu warga desa menamakan Pantai Karang Rata. Berbeda dengan pantai lainnya di Buleleng, pantai ini memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih serta pemandangan yang masih asri.

Pantai Karang Rata sangat mudah diakses, hanya berkendara 1 jam dari Kota Singaraja kemudian memasuki Kecamatan Gerogak hingga menemukan Pelabuhan Laut Celukan Bawang, lalu masuk ke Desa Pengulon. Tepat di depan Kantor Desa Pengulon, pengunjung akan menemukan jalan ke arah utara sampai menemukan kawasan pantai.

Sampai di sana, pengunjung dapat parkir di sebelah kiri atau pun lanjut ke jalan kecil di sebelah kanan. Untuk menuju pantai ini dapat diakses dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Saat ini, pihak desa maupun masyarakat sendiri masih belum memungut biaya parkir untuk pengunjung.

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Karang Rata sangat beragam seperti hanya bersantai sembari melihat pemandangan, berenang, bermain bebek dayung, bermain ayunan dan memancing. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Bersantai semberi ngemil di Pantai Karang Rata

Pengunjung dapat bersantai di pantai karena disediakan beberapa lounger sunbed kayu sembari menikmati makanan atau minuman yang dapat dibeli di beberapa stand makanan di sepanjang pantai. Adapun salah satu cafe yang sering dijadikan tempat nongkrong oleh anak-anak muda seperti Cafe Malvinas yang buka dari sore hingga malam. Untuk menu harganya sesuai kantong anak muda, khusus Sabtu dan Minggu harganya akan berbeda karena akan ada special perfomance. Bukan hanya itu, pengunjung pun dapat memilih kedai-kedai lain sesuai dengan selera.

2. Berenang Ria

Pengunjung yang membawa keluarga bisa berenang di pantai karena tergolong aman apalagi ketika musim panas. Dengan pantai yang berpasir putih, anak-anak akan menikmati bermain pasir. Tetapi, perlu diperhatikan apabila anak-anak  ingin berenang harus dalam pengawasan orang tua.

3. Bermain Bebek Dayung

Salah satu yang paling menarik di pantai ini adalah bermain bebek dayung. Tidak perlu merogoh kocek yang banyak, pengunjung hanya dikenakan Rp. 25.000,- untuk sepuasnya. Ada 4 unit bebek dayung yang ada di pantai ini. Bermain bebek dayung sangat menyenangkan khususnya di Pantai Karang Rata karena kita dapat melihat pemandangan bawah laut sebab air yang jernih dan ombak yang tenang. Tetapi, yang terpenting di sini harus diingat untuk menjaga keselamatan.

4. Bermain Ayunan dan Memancing

Bermain ayunan juga menjadi pilihan bagi anak-anak hingga dewasa sembari menikmati ombak yang tenang. Adapula aktivitas yang dapat dilakukan seperti memancing menggunakan perahu dan ataupun langsung dari sisi pantai.

5. Yoga

Aktivitas Yoga juga bisa dilakukan di Pantai Karang Rata. Namun, waktu terbaik yang dapat dipilih adalah pagi sekitar jam 05.30-07.00 karena suasana yang hening dan air laut yang sedang surut sembari menunggu matahari terbit. Selain itu, pemandangan alami para nelayan yang sedang melaut dan masyarakat yang terkadang mencari kerang. Itulah berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Karang Rata. Ayo berkunjung ke Pantai Karang Rata dan  nikmati sensasi pantainya yang menenangkan!

Lokasi Pantai Karang Rata Pengulon : -8.192038801472114, 114.82685685238607

 

@Nyoman Sukraeni

Mahasiswa KKN STAH N Mpu Kuturan Singaraja 2023

Komentar atas Karang Rata Beach Pengulon

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Cuaca

booked.net

Lagu

JAM

Lokasi Pengulon

tampilkan dalam peta lebih besar