Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) DD Tahap Pertama Desa Pengulon Sudah di Cairkan!

14 Mei 2020 13:32:03 WITA

Desa Pengulon Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT-DD) Tahun 2020. Penyerahan BLT-DD Tahap Pertama ( 1 ) Bulan April, kepada 170 Kepala Keluarga ( KK ) Penerima Manfaat di Desa Pengulon. Sesuai dengan skema yang sudah ditentukan, bantuan diberikan perbulan dalam jangka waktu tiga bulan terhitung dari Bulan April hingga Juni 2020.

Penyerahan Bantuan ini mulai dilaksanakan pada Tanggal Kamis, 14 Mei 2020 di Ruang Rapat Kantor Perbekel Pengulon, Penyerahan Langsung di amankan Oleh Satpol PP Kecamatan Gerokgak. Penyerahan di mulai pada pukul 09:00-12.30 Wita, Masyarakat Penerima Manfaat BLT-DD di wajibkan menggunakan Masker dan menerapkan PHBS.

Penyerahan BLT-DD Langsung di hadiri oleh Sekretaris Dinas DPMD Kab. Buleleng, Bapak Camat Gerokgak, Bapak Perbekel Pengulon, Ketua BPD Pengulon, Pendamping Desa, Kelian Desa Adat Pengulon, Bapak Kapolsek Kawasan Laut Celukan Bawang Babinsa dan Bhabinkamtibmas Pengulon. BLT-DD ini baru Cair Tahap Pertama ( 1) Bulan April sebesar RP. 102.000.000,00 Juta, dan terus di lanjutkan sampai Bulan Juni 2020. Adapun alokasi anggaran yang disiapkan oleh Pemerintah Desa Pengulon untuk BLT-DD sebesar Rp.307.543.800,00 Juta selama Tiga ( 3 ) Bulan Terhitung dari Bulan April-Juni 2020. Perbekel Pengulon ( Drs. I Nyoman Juliana ) mengungkapkan Dana sebesar Rp. 307.543.800,00 Juta tersebut merupakan alokasi 30% dari keseluruhan Dana Desa yang diterima oleh Desa Pengulon, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, dengan besaran sekitar Rp. 1.025.146.000,00 Milyar dari Pusat.

Untuk proses verifikasi lapangan, kami libatkan Perangkat Desa dan Relawan Covid-19 Desa Pengulon. Perbekel Pengulon (Drs. I Nyoman Juliana) melanjutkan verifikasi lapangan tersebut dilaksanakan secara ketat dengan menggunakan kriteria yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir permasalahan yang mungkin timbul dalam penyaluran BLT ini. Selain itu, nama-nama calon penerima BLT-DD juga dibahas berjenjang mulai dari tingkat dusun sampai dengan proses Musyawarah Desa (Musdes).

Dalam Musdes nama-nama hasil verifikasi di lapangan dibahas bersama dengan Bapak Camat Gerokgak yang di wakili oleh Wayan Widiana, Pendamping Desa, Perbekel Pengulon dan Staf, Tim Relawan Covid-19 Desa Pengulon, Kelian Desa Adat dan Prajuru, Ketua Bumdes Jgadhita, Ketua Karang Taruna, Ketua LPM, Ketua TP-PKK Desa Pengulon, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Babinsa, dan babinkamtibmas desa pengulon. Seluruh tahapan dalam penyaluran BLT-DD ini sudah dilakukan secara transparan dan tepat sasaran.

Penyerahan BLT-DD Tahap Pertama di Desa Pengulon, Kecamatan Gerokgak dilaksanakan secara Cast/Tunai, untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat kita sediri. Pemerintah Desa Pengulon bekerja sama dengan Bumdes Jagatdhita Desa Pengulon untuk Pembelian Sembako, Nantinya Masyarakat penerima BLT-DD di wajibkan membelanjakan ke Bumdes Desa Pengulon. Perbekel Pengulon mengatakan“Sejauh ini biasa ada riak-riak kecil, karena kurangnya pemahaman dari masyarakat. Setelah Perbekel Pengulon berikan pemahaman, masyarakat relatif bisa menerima dan bisa memahami,” tambahnya. Mereka mengira seluruh masyarakat mendapatkan (BLT-DD), Penerima BLT-DD ini diluar penerima PKH+Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), BPNT, SEMBAKO COVID-19, BLT COVID-19, PNS, TNI/POLRI, PENSIUNAN dan PERANGKAT DESA, BUKAN PEGAWAI TETAP BUMN/BUMD. Camat Gerokgak yang hadir di lokasi penyerahan BLT memberikan Apresiasi atas gerak cepat yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Pengulon sudah mengeluarkan BLT-DD, Karna di Kecamatan Gerokgak Desa Pengulon yang Pertama ( 1 ) menyalurkan BLT–DD kepada Masyarakan Penerima manfaat BLT-DD.

Dokumen Lampiran : Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) DD Tahap Pertama Desa Pengulon Sudah di Cairkan!


Komentar atas Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) DD Tahap Pertama Desa Pengulon Sudah di Cairkan!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Cuaca

booked.net

Lagu

JAM

Lokasi Pengulon

tampilkan dalam peta lebih besar